Cara Menghapus 4 Karakter Pertama di Excel

Anda mungkin memiliki buku kerja yang berisi teks tapi Anda hanya ingin mengekstrak karakter tertentu darinya. Misalnya, Anda mungkin hanya ingin mengekstrak nama depan dari sel yang berisi nama depan dan belakang seseorang. Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan kepada Anda cara memanipulasi teks dan khususnya, saya akan menunjukkan kepada Anda beberapa teknik hebat tentang cara menghapus 4 karakter pertama di Excel menggunakan fungsi-fungsi berikut:

1) Fungsi Excel RIGHT

2) Fungsi Excel MID

3) Fungsi REPLACE Excel

Menggunakan Fungsi RIGHT Excel

Dalam contoh ini saya ingin menghapus 4 karakter pertama dari kode pos CV36 7BL dan meninggalkan 3 karakter terakhir. Mari kita asumsikan kode pos ada di sel A2 di lembar bentang Excel. Rumus dalam sel B2 adalah:

=KANAN(A2,LEN(A2)-4)

Jadi bagaimana cara kerja rumus ini? Mari kita uraikan ini sehingga Anda dapat memahami cara kerjanya.

Fungsi RIGHT

Fungsi RIGHT mengekstrak sejumlah karakter tertentu dari sisi kanan teks tertentu. Misalnya =RIGHT("pisang",4) akan menghasilkan "anas"

Fungsi LEN

Fungsi LEN mengekstrak panjang string yang diberikan. Misalnya =LEN("apel") akan menghasilkan 6 karena ada 6 karakter dalam string "apel".

KANAN(A2,LEN(A2)

Bagian rumus ini akan mengembalikan 8. Untuk argumen pertama dari fungsi RIGHT Anda harus menentukan teks apa yang akan digunakan. Dalam contoh ini adalah sel A2 yaitu kode pos. Untuk argumen kedua Anda harus menentukan jumlah karakter yang ingin Anda ekstrak. Untuk argumen ini saya menggunakan fungsi LEN yang mengembalikan jumlah karakter kode pos CV36 7BL yaitu 8. Ruang antara CV36 dan 7BL dihitung sebagai karakter. Rumus =RIGHT(A2,LEN(A2) diterjemahkan menjadi =RIGHT(A2,8) yang mengembalikan CV36 7BL.

KANAN(A2,LEN(A2)-4)

Saya ingin menghapus 4 karakter pertama jadi oleh karena itu saya menyertakan -4 di akhir rumus. Oleh karena itu, LEN(A2)-4 mengembalikan 4 (8-4=4).

Jika saya menyederhanakan ini lebih lanjut fungsi RIGHT adalah =RIGHT(A2,4) dan mengembalikan CV36.

Bagaimana Cara Menghapus Karakter Pertama String ke-n?

Jika Anda ingin menghapus karakter ke-n pertama dalam string, Anda cukup mengubah -4 di akhir rumus ke jumlah karakter apa pun yang ingin Anda hapus. Misalnya, jika Anda ingin menghapus 3 karakter pertama dari string maka cukup ubah -4 menjadi -3. sehingga rumusnya menjadi =RIGHT(A2,LEN(A2)-3). Jika Anda ingin menghapus 2 karakter pertama maka ubah menjadi -2 sehingga menjadi =RIGHT(A2,LEN(A2)-2) dan seterusnya.

Menggunakan Fungsi EXCEL MID

Cara lain untuk menghapus 4 karakter pertama dari kode pos CV36 7BL adalah dengan menggunakan fungsi Excel MID. Asumsikan lagi kode pos berada di sel A2 dan rumusnya ada di sel B2.

Rumusnya sekarang =MID(A2,5,LEN(A2))

Jadi bagaimana cara kerja rumus ini? Saya akan menjelaskan setiap bagian dari rumus MID.

Fungsi MID

Fungsi Excel MID mengekstrak bagian tengah teks berdasarkan jumlah karakter yang ditentukan. Misalnya, =MID("bananas",3,2) mengembalikan "na". Argumen pertama adalah string teks atau referensi sel yang ingin Anda ekstrak. Argumen kedua adalah karakter pertama yang ingin Anda ekstrak. Argumen ketiga adalah jumlah karakter yang ingin Anda ekstrak.

=PERTENGAHAN(A2,5

Bagian rumus ini mengatakan mulai dari karakter kelima dari kode pos CV36 7BL. Ini berarti bahwa itu akan dimulai dari ruang karena ruang adalah karakter kelima dari kiri.

LEN(A2)

Fungsi LEN mengembalikan jumlah karakter dari kode pos CV36 7BL yaitu 8.

=PERTENGAHAN(A2,5,LEN(A2))

Jika Anda menyederhanakan rumus ini, fungsi MID adalah =MID(A2,5,8). Dimulai dari ruang dan mengekstrak 8 karakter bersama. Karena hanya ada 3 karakter setelah spasi maka ekstraknya 7BL.

Bagaimana Cara Menghapus Karakter Pertama String ke-n?

Jika Anda ingin menghapus karakter ke-n pertama maka cukup tambahkan 1 di argumen kedua fungsi MID. Misalnya jika saya ingin menghapus 3 karakter pertama maka saya memasukkan 4 di argumen kedua fungsi MID sehingga menjadi =MID(A2,4,LEN(A2)). Jika saya ingin menghapus 2 karakter pertama maka cukup masukkan 3 untuk argumen kedua sehingga menjadi =MID(A2,3,LEN(A2)).

Menggunakan Fungsi REPLACE Excel

Melanjutkan dari tema menghapus 4 karakter pertama dari kode pos CV36 7BL sekarang saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan ini menggunakan fungsi Replace Excel. Sekali lagi saya berasumsi kode pos ada di sel A2 dan rumusnya ada di sel B2.

Rumus dalam sel B2 sekarang =REPLACE(A2,1,4,"")

Sekarang saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana formula ini bekerja.

Fungsi REPLACE

Fungsi REPLACE menggantikan satu set karakter dalam string dengan set karakter lain. Argumen pertama dari fungsi replace adalah string atau sel yang ingin Anda ganti karakternya, yaitu kode pos di sel A2. Argumen kedua adalah posisi teks lama untuk mulai mengganti karakter. Argumen ketiga adalah jumlah karakter yang ingin Anda ganti dengan teks lama. Argumen keempat adalah karakter baru yang ingin Anda ganti dengan teks lama.

GANTI(A2,1,4,"")

Argumen pertama adalah kode pos di sel A2. Argumen kedua adalah nomor awal. Saya ingin memulai dari awal jadi saya masuk 1. Argumen ketiga adalah 4 karena saya ingin mengganti 4 karakter pertama dengan teks baru. Argumen terakhir adalah dua tanda kutip yang berarti string kosong. Saya ingin mengganti 4 karakter pertama dengan string kosong jadi saya dibiarkan dengan 3 karakter terakhir.

Bagaimana Cara Menghapus Karakter Pertama String ke-n?

Untuk menghapus karakter ke-n pertama cukup ganti argumen ketiga dengan jumlah karakter yang ingin Anda hapus. Misalnya, jika Anda ingin menghapus 3 karakter pertama maka ubah saja argumen ketiga menjadi 3 sehingga menjadi =REPLACE(A2,1,3,"").

0 Comments